InsyaAllah setengah bulan lagi akan hadir Bulan Suci Ramadhan, beberapa tempat seperti mall dan swalayan sudah menyambut dengan design bernuansa Islam atau padang pasir dengan menjajakan beragam makanan. Sebagai alternative menu untuk berbuka maupun sahur.

Yup selama 11 bulan manusia telah mengkonsumsi beragam menu makanan, sehingga apapun bentuknya masuk ke dalam perut kita, dan kalau kita lihat dari kacamata kesehatan dengan berpuasa sebulan penuh akan memperbaiki atau meregenerasi sel tubuh manusia.

Oleh karena itu makanan dan minuman yang masuk ke tubuh orang yang berpuasa harus diperhatikan. Selain harus halal, tentunya juga harus thayyib (baik). Jadi harus dihindari penggunaan makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan, perasa buatan, dan bahan lainnya yang mengandung campuran zat kimia sintetis sehingga tidak mengganggu proses detoksifikasi (colon cleansing) selama berpuasa.

Saat berbuka puasa hindari makanan yang mengandung protein tinggi, seperti: daging, tepung, dan minyak. Disarankan makan kurma, minum madu atau buah-buahan yang manis.

Nah, .. Setelah sholat Maghrib barulah perut siap menerima makanan berat. Tapi ingat jangan sampai melebihi batas. Setelah sholat Maghrib barulah perut siap menerima makanan berat. Tapi ingat jangan sampai melebihi batas, pola makan Nabi "Makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang".

Kalau pada malam hari masih terasa lapar dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan camilan rebusan, seperti pisang rebus, ubi rebus, dan sejenisnya. Makanan ini tidak mengganggu sistem pencernaan.

Nah, ... Pada saat sahur disarankan untuk mengkonsumsi protein dan sayuran. Protein disini Seperti daging, tepung, minyak nabati, dll.

Yang tidak kalah penting selama berpuasa harus senantiasa berzikir dan melaksanakan amal ibadah. Berdasarkan sebuah penelitian, dalam tubuh manusia yang berzikir menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini hanya akan keluar saat seseorang memperbanyak amal ibadahnya.

Hormon endorfin berfungsi memperbaiki seluruh sistem jaringan dan organ yang ada pada tubuh manusia.

Jika semua proses ini dijalankan insyaAllah orang yang berpuasa akan lebih sehat. Tubuh lebih segar, tidur berkualitas dan yang lebih penting adalah kita berharap akan mendapatkan derajat takwa.

Selamat Menjalankan Ibadah Shoum Ramadhan 1432 H.

Salam Sukses Berkah
Chairul Huda

Leave a Reply